Dzikir


Dzikir merupakan tanaman syurga sebagaimana yang diriwayatkan oleh at Tirmidzi dari hadith Abdullah bin Masud berkata Rasulullah saw bersabda : "Pada malam aku di isra'kan, aku bertemu Ibrahim di al Khaliil, seraya berkata kepadaku : ' Hai Muhammad, sampaikanlah salamku kepada ummatmu dan beritahukanlah kepada mereka bahwa syurga itu bagus tanahnya, segar airnya, dan bahwa Surga itu merupakan kebun, sedangkan tanamannya adalah : "Mahasuci Allah, segala puji milik Nya, tiada ilah (yang berhak diibadahi dengan benar) selain Allah dan Allah Mahabesar."
(Silsilah al Ahaadits ash Shahiihah no105)

menurut at Tirmidzi hadith ini hasan gharib. Dia juga meriwayatkan dari Abu az Zubair dari Jabir, Rasulullah saw bersabda :

"Barang siapa mengucapkan : Subhanallah hiwambihamdihi (Mahasuci Allah, aku memujiNya)
maka ditanamkan baginya pohon kurma di Syurga." 

menurut at Tirmidzi hadith ini hasan shahih

dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah saw bersabda: 

"Barang siapa mengucapkan : lailahaillallah huwahdahulasharikalah, lahulmul kuwalahulhamdu wahuwa ala kullishaiin khadir 'Tidak ada ilah ( yang berhak diibadahi dengan benar) melainkan hanya Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan dan pujian. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu,' 

ash Shahiihain (Shahih al Bukhari & Shahih Muslim)

seratus kali dalam sehari, maka dia dapat pahala seperti pahala membebaskan sepukuh budak wanita, ditetapkan baginya seratus kebaikan dan dihapuskan seratus keburukan dan ia menjadi perlindungan dari Syaitan pada hari itu hingga waktu petang dan tidak ada seseorang yang membawa sesuatu yang lebih baik dari apa yang dibawa oleh orang itu kecuali orang yang melakukannya lebih banyak lagi."

HR Al Bukhari (no3293)

Dari Tsauban ra, dia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda : "Barang siapa yang pada pagi dan petang mengucapkan : 'Radhitu billahi rabb, wabilislamidin, wabimuhammad sallallahualaihiwassallam nabiyy'an.' Aku rela (ridha) Allah sebagai Rabb ku, Islam sebagai agama ku dan Muhammad saw sebagai Nabi ku. Maka ada hak atas Allah untuk meridhainya.
at Tirmidzi (no3389)


Rasulullah saw juga bersabda: 

"Barang siapa yang masuk pasar seraya mengucapkan:

'Lailahaillallahhu wahdahulasharikalah, lahulmulku walahulhamdu, yuhyi wayumitu, wahuwa haiyu'n layumtu, biyadihil khairu, wahuwa ala kullishaiin kadir'

'Tiada ilah (yang berhak diibadahi) selain Allah semata yang tiada sekutu bagi Nya, bagi Nya kekuasaan dan pujian, Yang menghidupkan dan mematikan, Dia hidup dan tidak mati, di dalam genggamanNya segala kebaikan dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu.'

Imam Ibnu Majah (no2235)

maka Allah menetapkan baginya sejuta kebaikan, menghapus sejuta kesalahan dan meninggikan baginya sejuta derajat.



Dzikir merupakan cahaya bagi orang yang berdzikir didunia, cahaya baginya dikuburan, cahaya baginya ditempat kembalinya, meneranginya saat berlalu diatas ash Shirath dan tidak ada yang bisa menyinari hati melainkan dengan berdzikir kepada Allah swt.
Allah swt berfirman : 

" Dan apakah yang sudah mati, kemudian dia Kami hidupkan dan kami berikan kepadanya cahaya yang terang, yang dengan cahaya itu dia dapat berjalan ditengah-tengah masyarakat manusia, serupa dengan orang yang keadaannya berada dalam gelap-gulita yang sekali-kali tidak dapat keluardarinya? Demikianlah Kami jadikan orang yang kafir itu memandang baik apa yang telah mereka kerjakan."

Al An'am aya 122
Orang yang berdzkir (mengingat Allah) senantiasa merasa dekat dengan Nya dan Allah bersamanya, Kebersamaan ini bersifat khusus, bukan kebersamaan kerana bersanding, tetapi kebersamaan kerana kedekatan, cinta, pertolongan dan taufiq. 

Ma'iyyah = kebersamaan

Ma'iyyah adalah salah satu daripada sifat-sifat Allah, Ma'iyyah terbahagi kpd dua:

Ma'iyyah khusus, iaitu kebersamaan Allah dengan mahlukNya yang kita tidak tahu tentang kaifiyat (bagaimana cara) nya, kecuali Allah, seperti sifat2 Nya. Dan ma'iyyah ini mengandung makna bahwa Allah meliputi hambaNya yang dicintai, menolongnya, memberikan taufiq, menjaganya dari kebinasaan dan lain2.

Ma'iyyah umum, iaitu kebersamaan Alla dengan mahluk Nya, dimana Allah mengetahui keadaan hamba-hamba Nya dan Allah tahu semua keadaan mereka, tindak tanduk mereka yang lahir maupun yang batin, dan yang seperti ini tidak mesti Allah bersatu dengan hamba Nya kerana Allah tidak boleh diqiyaskan dengan mahlukNya. Dan tingginya Allah diatas mahluk2Nya 
tidak dinafikan kebersamaan Allah dengan hamba2Nya berbeza dengan mahluk kerana keberadaan mahluk itu disatu tempat (arah), mesti ia tidak tahu tentang tempat (arah) yang lainnya. Dan Allah tidak sama dengan sesuatu pun kerana kesempurnaan ilmu dan kekuasaanNya.

menurut keterangan diatas 
Allah berfirman : 

"Sesungguhnya Allah bersama dengan orang orang yang bertakwa"
An Nahl aya 128


Dzikir mendatangkan selawat Allah dan para Malaikat Nya. Siapa yang mendapatkan selawa Allah dan para Malaikat, maka dia adalah orang yang sangat beruntung..

Dengan nama Allah
Allah berfirman, maksudnya : 

"Hai orang orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak banyaknya. Dan bertasbihlah kepada Nya di waktu pagi dan petang. Dialah yamg memberi rahmat kepadamu dan Malaikat Nya (memohon ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkanmu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman." 

Al Ahzaab aya 41-43


Dzikir merupakan jalan penyembuh penyakit hati. Hati yang sakit disembuhkan dengan berdzikir dgn izin Allah. Imam Mak-hul berkata : "Mengingat Allah itu merupakan kesembuhan, dan mengingat manusia itu merupakan penyakit."


Dr Ibrahim bin Yaaqub, dr Yaaqub bin Ashim, ia mndgr dr dua org tokoh shbt Nabi s.a.w bhw kduanya mndgr Rasulullah s.a.w bersabda : "siapa pun dr hamba Allah s.w.t yg mngcpkn : 
lailahaillahallah huwahdahula syariqalah,lahul mulqu walahulhamdu wahuwaa
la qulla shaiin qadir. 

Dgn seikhlas jiwanya yg dbnrkn olh lidah dan hatinya, nescaya akn dbukakn untuknya pintu2 lngit sehingga Allah s.w.t mliht org yg mngcpknnya. Sdgkn seorg hamba yg diliht oleh Allah s.w.t berhak dipenuhi oleh Allah s.w.t sgla prmntaannya."

Dzikir kpd Allah merupakan benteng yang kokoh dari keburukan keburukan dunia dan akhirat serta menyelamatkan diri dari adzab Allah sebagaimana dikatakan oleh Mu'adz bin Jabal ra marfu'-kannya :

"Tidak ada amal yang dilakukan anak Adam yang lebih menyelematkannya dari Azab Allah swt selain dari dzikir kepada Nya."

at Tirmidzi no3377

Rasulullah saw bersabda : "Barang siapa membaca ayat ini (Al Bakarah aya 255 1 kali) dipagi hari, maka ia dilindungi dari (gangguan) jin hingga waktu petang. Dan barang siapa yang mengucapkannya ketika petang hari, maka ia dilindungi dari (gangguan) jin hingga waktu pagi." 

Shahih at Targhi'b wat Tarhi'b bab1/418 no662

Al Ikhlas 3 kali
Al Falaq 3 kali
An Nas 3 kali

"Barang siapa membaca tiga surah tersebut setiap pagi dan petang, maka (tiga surah tersebut) cukup baginya dari segala sesuatu." yakni mencegah dari segala kejahatan.

Hadis hasan shahih.

at Tirmidzi no3575
Dr Qutaibah bin Said, dr Usman bin Affan dari Nabi s.a.w bersabda : 

"sesiapa mmbaca :

Bismillahillazi la yadhurru ma a'smihi syaiun fil ar, wala fissama ewahuwassami ul a'lim


Ertinya : Dgn nma Allah yg dgn nma-Nya tdk dpt mmberi mudrt di bumi dan di lngit, dan Dia maha mndgr lg maha mngetahui.

Pada waktu ptg, maka dia tdk akn dtmpa musibh yg dtg tiba2 hngga waktu pg, dan jika ia mngcpkn pd waktu pg, maka dia tidak akn dtimpa musibh yg dtg tiba2 hingga dtg waktu ptg."

Diriwytkn oleh Yunus bin Abdul A'la dr Abu Bakar bin Abdurrahman bin Al-Miswar bin Makhramah dr Aban bin Uthman, baginda berkata: 

"Sesiapa pd waktu ptg mmbca :

Subhanallahilazimi wabihamdihi wala haulawala quwata illa billa.


Ertinya : Maha suci Allah, Yang Maha Agung dgn sgla pujian-Nya, tdk ada daya dan upya kcuali ats prtlgNya.

Maka bhy apa pun tdk akn mnimpanya hingga dtg waktu pg.Sdngkn bila ia mngcpkn pd waktu pg, maka bhy apa pun tdk akn dpt mnimpanya hingga waktu ptg."

Sdngkn - pd hadis Aban juga - yg diriwatkn dr Az-Zuhri, berbunyi, "Sesiapa mmbaca pd waktu ptg dan waktu pg sbyk 3 kali sme sprti ayt diats maka ia tdk akn dtimpa hal apa pun yg dpt mmbhyknnya."

Sayyidul Istighfar

اللهم انت ربي, لاالهالا انت, خلقتني, وانا عبدك, وانا علي عهدك ووعدك ماستطعت, اعوز بك من شرما صنعت, ابو او لك بنعمتك علي, وابو او بذنبي, فغفرلي, فانه لايغفر الدنوب الا انت.

"Ya Allah, Engkau adalah Rabb ku, tidak ada ilah ( yang ber
hak diibadahi dengan benar) kecuali Engkau, Engkaulah yang menciptakanku. Aku adalah hambaMu. Aku akan setia pada perjanjianku denganMu semampuku. Aku berlindung kepadaMu dari kejelekan (apa) yang kuperbuat. Aku mengakui nikmatMu (yang diberikan) kepadaku dan aku mengakui dosaku, oleh kerana itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau." baca 1 kli diwaktu pagi dan petang.

"Barang siapa membacanya dengan yakin di waktu pagi lalu ia meninggal sebelum masuk waktu petang maka ia termasuk ahli syurga. Dan barang siapa membacanya dengan yakin di waktu petang lalu ia meninggal sebelum masuk waktu pagi maka ia termasuk ahli syurga." 

HR Al Bukhari no6306,6323
takbir = Allahuakbar
Tasbih = Subhanallah
Tahmid = Alhamdulillah
Tahlil = Lailahaillallah

رضيت بتلله ربا, وبالا سلام دينا, وبمحمد صاالله عليه سلم نبيا.

"Aku rela (ridho) Allah sebagai Rabb ku, Islam sebagai agamaku, dan Muhammad saw sebagai Nabiku (yang diutus oleh Allah)." 
Baca 3 kali

"Barang siapa membacanya sebanyak tiga kali ketika pagi dan petang, maka Allah memberikan keridhaanNya kepadanya pada hari khiamat."

Imam Ibnu Majah no3870




No comments:

Post a Comment